PONOROGO

Ayo Giat Menabung di Rumah Baca Desa Bringinan Jambon Festifal Bonkar Celengan Massal, Berhadiah Thropy Bupati Ponorogo

PONOROGO (Mediamataraman.co.id) – Luar biasa, kata yang tepat untuk  Barno seorang Kepala  Desa Bringinan Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo, sepak terjangnya  agar anak-anak di Desa Bringinan diajari hidup hemat menjadi kenyataan.

Berawal dari idenya di Tahun 2014 lalu, Barno yang baru menjabat Kades mempunyai pemikiran bagaimana agar anak-anak didesanya bisa menabung dan belajar hemat.

Akhirnya tersirat dalam benaknya bersama Karang Taruna  Tunas Muda milik desa Bringinan, mengadakan lomba nabung bagi anak-anak sekolah didesanya. Bagai gayung bersambut,  setelah disampaikan dibeberapa kelompok kegiatan, tanggapan,  apresiasi  dan dukungan orang tua menjadi dorongan Barno dan Karang Taruna  membuat kotak celengan dari kayu untuk diberikan kepada masing-orang tua yang memiliki anak sekolah.

Setelah berjalan selama 5 tahun, tahun ini minat anak-anak untuk sadar menabung mencapai 500 anak dan menyebar di  7 Kecamatan di Kabupaten Ponorogo,  Prestasi  yang luar biasa.

Barno sapaan akrab Kepala Desa Bringinan dengan segudang prestasi ini mengungkapkan (dengan bahasa cerita) 1 Mei 2019, Festifal Bongkar Celengan (tabungan), ini sudah menjadi agenda rutin tahunan di Desa Bringinan Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo Jawa Timur melalui Karang Taruna Tunas Muda Desa setempat.

Festival Bongkar  Celengan Desa Bringinan dikelola oleh Karang Taruna Muda bertempat di Rumah Baca milik Desa Bringinan.

Hari ini tepat satu tahun anak-anak menabung di kotak tabungan dirumahnya dari sisa uang jajan, uang sekolah (uang receh logam), genap setahun pas menjelang puasa Ramadhan, semua kotak dibawa kepanitia di rumah baca untuk dibuka bersama-sama.

Program yang sungguh luar biasa, ayo menabung mendapat apresiasi dari anak-anak Desa Bringinan dan anak-anak di 7 Kecamatan lainnya. Tahun ini, ada kurang lebih 500 anak membawa kotak celengan berduyun-duyun ke Rumah Baca untuk dibuka.

Hadir dalam Festifal Bongkar Celengan, Kepada Dinas Pariwisata Ponorogo, Kapolres Ponorogo, Camat Jambon, perwakilan bank Jatim Sumoroto, Muspika Kecamatan Jambon, orang tua dan ratusan anak hadir, sungguh sangat meriah suasananya. Dihibur, musik elekton, seni gajah-gajahan, seni   reyog,  jathilan, bazar murah dan pengundian hadiah PBB tahun 2019.

Saya, berharap kegiatan ayo menabung bagi anak-anak ini bisa mengapresiasi  anak kita khususnya di desa Bringinan, semua anak di Kabupaten Ponorogo dan anak di Indonesia. Hal ini, tentunya akan menjadi suri tauladan anak, agar selalu rajin, hemat, karena hemat pangkal kaya.

Seperti diceritakan Adis (11 tahun) anak kelas V  SD, dia menceritakan selama setahun mulai kelas IV kemarin, sisa uang jajan dari Ibu ditabung. “Sisa uang jajan kadang  Rp. 1000, Rp 2000,- saya masukkan dalam kotak celengan.  Hari ini, dibuka dan dihitung. Setelah ini kita serahkan kembali kepada Ibu,” ucapnya.

Saat ditanya, untuk apa uang tersebut, dia mengatakan untuk beli baju baru dan keperluan sekolah. Sisanya untuk keperluan Ibu menghadapi puasa dan  lebaran Idul Fitri.

Sementara itu ketua panitia Karang Taruna Tunas Muda Desa Bringinan  Hartono mengungkapkan, ada beberapa kriteria bagi anak-anak yang mengikuti festifal  bongkar celengan ayo menabung di rumah baca bagi yang mendapatkan hadiah.

“sesuai dengan kesepakan untuk uang yang dihitung, uang pecahan mulai Rp. 100,-, sampai Rp. 2000,-. Apabila ana uang lebih dari Rp. 2000,-, langsung dikembalikan kepada pemilik tabungan, tidak ikut dijumlah,” tuturnya.

Dia juga menjelakas, uang pecahan yang sudah dihitung panita, nantinya akan dikembalikan kepada semua anak-anak menjadi uang  kertas (tidak uang receh lagi).

Adapun kriteria bagi penabung yang mendapatkan penghargaan yakni,  kriteria umum  akan diambil dari jumlah koin terbanyak, kategori uang seribuan terbanyak, juara 1,2,3 akan mendapatkan penghargaan dari Kapolres Ponorogo, kategori uang lima ratus rupiah, terbanyak 1,2,3 mendapatkan penghargaan dari Camat Jambon, pecahan dua ratus rupiah terbanyak, 1,2,3 akan mendapatkan penghargaan dari Kapolsek Jambon.

“Sedang untuk pecahan seratus rupiah terbanyak, 1,2,3 mendapatkan penghargaan dari Danramil Jambon. Untuk pengumuman, dan penyerahan trophy akan diumumkan tanggal 15 Mei 2019. Kita mengambil waktu 2 minggu, karena akan menukarkan uang recehan tersebut, dan persiapan kotak celengan.  Bagi yang akan mengikuti giat Ayo Menabung di rumah baca Desa Bringinan, bisa mendaftarkan diri di panitia,” pungkasnya.  (adv/nur).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *