Emil Dardak Dorong Sarjana Belajar Multi Ilmu

PONOROGO (MediaMataraman.co.id) – Wisuda pascasarjana, sarjana dan diploma ke-46 Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Sabtu (13/4/2019) terasa istimewa.

Pasalnya, wisuda yang digelar di halaman Kampus ini dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Dr. H Emil Elestianto Dardak, M.Sc, didampingi Wakil Bupati Ponorogo Drs. H. Soedjarno, MM dan Rektor Unmuh Ponorogo Dr. Sulton, M.Si.

 

Dr. H. Emil Elestianto Dardak M.Sc dalam orasi ilmiahnya mengatakan, permasalahan SDM yaitu berbasis Kemampuan Manusia yang telah dan akan digantikan oleh Sumber Daya Tehnologi Digital.

“Sudah eranya Ilmu pendidikan yang Multidisiplin dan bukan lagi era monodisiplin,” ungkapnya.

Emil sapaan akrabnya, mengapresiasi Unmuh Ponorogo yang sudah bergerak cepat menyongsong era revolusi industri 4.0.

 

“Unmuh Ponorogo tidak hanya menjawab tantangan dunia, akan tetapi telah melahirkan para ahli yang akan menjawab tantangan dunia,” ungkapnya.

Wagub mengapresiasi adanya program entrepreneurship yang galakkan Unmuh Ponorogo. “Hal ini pun sudah menjadi perhatian khusus pemprov Jatim melalui millenial job center,” sebutnya.

Dr. Emil juga berpesan agar sarjana tidak hanya monoton menekuni satu bidang keilmuan. “Jangan karena diijasah tertulis sarjana hukum kemudian tidak perlu belajar ilmu ekonomi dan teknologi, atau karena tertulis sarjana IT kemudian tidak merasa tidak perlu belajar sosiologi. Karena sesungguhnya hari ini, bila seseorang bertahan sebagai monodisiplin, maka merekalah yang terancam tergerus oleh kecerdasan artifisial atau kecerdasan buatan,” paparnya.

Di sisi lain, Drs. H. Sulton, M.Si berpesan bahwa tunjukkan bahwa wisudawan adalah orang orang pilihan yang siap menerima estafet masadepan bagi orang tua, masyarakat, kabupaten, bangsa dan Negara ini.

“Karena itu perjuangan ini adalah awal dan tentu masyarakat dan dunia menunggu anda dan pastikan terus berjuang dan tidak kenal lelah,” paparnya.

Pemberian Penghargaan juga diberikan oleh UMPO berupa International edutrip flight to Malaysia and Thailand kepada sekolah Mitra Terbaik  SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo, SMAN 3 Ponorogo, SMKN 1 Ponorogo, SMKN 1 Jenangan, SMKN 1 Pacitan.Selain itu menindak lanjuti Bedah Rumah dalam Rangka Milad ke 33 UMPO yang Alhamdulillah Sudah Selesai dalam Pembangunan ikut diserahkan Kunci Rumah oleh Rektor UMPO secar Simbolis. .Sementara itu, dalam wisuda ini berlangsung pula prosesi pembukaan Sidang Senat Terbuka oleh Rektor. Dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan Rektor, prosesi wisuda dari pascasarjana, sarjana dan diploma ditutup dengan pembacaan ikrar sarjana. (adv/nur).

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!