PURNAWIYATA SMP Negeri 1 SIMAN, tahun pelajaran 2018-2019

PONOROGO (Mediamataraman.co.id)- Bertempat di halaman sekolah, kamis(2/5)lalu, 160 siswa siswi SMP Negeri 1 Siman mengikuti prosesi jalannya Purnawiyata tahun Pelajaran 2018/2019. Kegiatan yang kental dengan budaya Jawa ini diawali kirab kepala sekolah, wakasek  dan wali kelas 9 dengan iringan tim reyog  Secangga Saloka dari SMPN 1 Siman dan menjadi pengiring setiap prosesi.

 

Wisuda Purnawiyata diadakan setelah mereka menempuh pendidikan selama 3 tahun, akhirnya siswa siswi kelas IX SMP Negeri 1 Siman dikembalikan kepada orang tua. Anak didik berjanji kelak tidak akan melupakan jasa guru yang telah mendidik dan membina mereka selama tiga tahun berlangsung di sekolah ini.

Tampak hadir di deretan kursi undangan, jajaran Forpimka Siman, Kepala Sekolah SD/ MI se kecamatan Siman, komite sekolah dan wali klas IX. Suasana Purnawiyata tampak meriah dengan tampilan tari gambyong yang dimainkan beberapa siswi kelas VII dan VIII ditambah penampilan apik paduan suara dan karawitan yang mampu membawakan lagu-lagu dan gending jawa dengan merdu dan kompak.

 

Kepala sekolah SMP Negeri 1 Siman H.  Subesri, M.Pd dalam sambutannya mengatakan anak didik kelas IX mesti dikembalikan ke orang tua masing-masing siswa. Hal ini dilakukan setelah tiga tahun mengikuti pembelajaran di sekolah dengan berbagai macam tingkah laku maupun suka dan duka yang dijalani para murid-murid di sekolahan ini. Dengan bekal yang didapatnya diharapkan siswa nantinya dapat melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Tak lupa ia menyampaikan pesan, janganlah bosan menuntut ilmu, dengan ilmu itulah para siswa dapat menatap masa depan untuk meraih cita-cita.” Jaga nama baik Almamater sekolah SMP Negeri 1 Siman ini dimanapun akan melanjutkan Sekolah .” tegasnya.

Sementara itu, Drs Muryadi, M.Pd selaku Waka Kesiswaan  mengungkapkan, kesuksesan acara tersebut tak terlepas dari peran serta seluruh karyawan dan guru, mereka tampak kompak dan saling bekerjasama. Harapannya kepada Alumni SMPN 1 Siman, banyak kenangan dalam menimba ilmu disekolah, kebersamaan yang terjalin selama ini banyak memberikan teladan baik dalam belajar dan bersikap.” Moment Purnawiyata seperti inilah mungkin yang ditunggu tunggu, namun kenangan sulit dilupakan,” jelasnya.

Muryadi menambahkan, pada setiap Prosesi Purnawiyata di SMPN 1 Siman selalu diadakan Reward ataupun penghargaan yang diberikan sekolah kepada siswa siswinya. Reward di berikan bukan hanya di bidang akademis maupun non kademis saja, akan tetapi siswa dengan karagter yang baik juga akan mendapat penghargaan tersebut,” 10 siswa yang mendapat penghargaan selain memperoleh hadiah, juga diberi sertifikat, sehingga ada kebanggan tersendiri bagi mereka yang menerima nya,” tukasnya. (adv/Dik)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!