PONOROGO

Sensasi ”KOPI KLOBOT RATU ”khas Ngrayun Ponorogo

Ponorogo(mediamataraman.co.id)Ngrayun adalah sebuah kecamatan yang berada di bagian selatan Kabupaten Ponorogo. Kecamatan ini kaya akan sumber daya, baik berupa pariwisata, kerajinan tangan, kuliner dan kesenian. Kali ini kita akan membahas salah satu kuliner yang berada di desa temon yaitu kopi klobot ratu.

Kopi klobot ratu merupakan produk kopi milik bumdes Ngadeg Jejeg Desa Temon. Produk ini berdiri pada tahun 2017 kemarin. Alasan munculnya produk ini adalah banyaknya hasil panen kopi Ngrayun, diantaranya kopi robusta dan kopi arabika. Pemasarannya yaitu by order dan juga di festival, festival yang diikuti diantaranya ponorogo tempo dulu, grebeg suro, festival kuliner ponorogo.

Kopi yang digunakan yaitu kopi murni robusta dengan kematangan medium dan juga kopi arabika, tingkat kehalusannya paling halus. “keistimewaannya karena penikmat kopi bisa memilih untuk memakai gula atau tidak, selain itu gulanya juga gula aren asli yang dibungkus klobot agar tetap bersih.” Ujar Muharis selaku pengelola kopi klobot. Kopi ini diseduh dengan cara tertentu, cara menuang air dengan memutar, dibiarkan 30 detik untuk proses blooming. Setelah itu air diisi penuh.

Sebuah kenikmatan tersendiri ketika kita bisa menikmati kopi klobot di bukit ratu (rawan tumpang). Pahit dan hangatnya kopi ditemani oleh manisnya gula aren asli berpadu dengan indahnya pemandangan kecamatan Ngrayun(FAMN/udin irchamna)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *