PONOROGO wisata dan budaya

INILAH….SANG MAESTRO PEMBARONG ”HARIMAU KEMBAR”MBH WONDO-SUWANDI ASAL PONOROGO

PONOROGO,mediamataraman.co.id-Siapa gak kenal Mbh Wondo – Suwandi sang Maestro pembarong tertua di ponorogo    Minggu(30/08) dengan julukan ”Harimau Kembar”.

Mbh wondo yang memperlihatkan foto atraksinya bersama kembaran nya suwandi

Asal usul sang Maestro pembarong kembar ini ,Lahir di desa Gontor Mlarak tahun 1954, Mbah Wondo Wandi adalah legenda hidup pembarong dalam seni reyog Ponorogo. Keduanya kini tinggal di Ponorogo Utara, Mbah Wondo di jln Bathoro Katong Patihan Wetan kec Babadan sedang Mbah Wandi di jln Tribusono Cokromenggalan Kec Kota Ponorogo.

Di usia hampir 70 tahun, keduanya masih sehat dan bisa menampilkan solah barongan ala macan gembong ataupun macan tutul yang menjadi ciri khas nya.

Salah satu pembarong, Suwondo (64) mengaku jika ia memang mencintai seni reog. Kecintaan ini diturunkan oleh kakek dan ayahnya yang juga penggiat seni reog.

”Kami belajar mbarong sekitar tahun 80an, ke Kertosari, Jingglong dan sebagainya. Sekitar tahun 1987 Alhamdulillah jadi juara hingga di undang ke berbagai daerah” tutur Mbah Wandi

Mbah Wondo pada saat ditemui dirumahnya mengatakan  Pertama kali kalau ingin jadi pembarong itu niat hati yang kuat, selanjutnya latihan disiplin dari pemanasan, penguatan kuda kuda dan langkah pola lantai dilanjutkan gerak tari

Selain itu Yang perlu diperhatikan, mbarong itu selain unsur rosa ( kekuatan) juga harus pakai roso ( perasaan).

”Setiap gerak ada makna ada penghayatan, macan gembong itu misalnya tenang tapi penuh wibawa, kalau macan tutul itu trengginas” ucap Mbah Wandi.

Tentang menjaga kondisi fisik, Mbah Wondo Wandi menyarankan untuk mengindari minum minuman suplemen.

” Rajin olahraga, minum air putih yang banyak, jamu nya kunyit sama madu, bismillah…sudah cukup”Pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *