Tingkatkan SDM Pemandu Wisata, Disbudparpora Ponorogo Gelar Pelatihan Teori dan Praktik

PONOROGO(Mediamataraman.co.id)–Untuk membangun serta mengembangkan sektor wisata di Kabupaten Ponorogo, Dinas kebudayaan pemuda dan Olah raga (Disbudparpora) Ponorogo mengadakan Pelatihan Pemandu Wisata yang di gelar di hotel Tlogorejo Ngebel dengan mengambil “tema Peran duta wisata dalam membangun asa berwisata”.

Disbudparpora Ponorogo mendatangkan beberapa narasumber yakni, Aris Widianto SE Asesor BNSP- LSP Pramindo Jakarta dan sekretaris DPD HPI Provinsi Jateng, dan Bobby Wibowo BA, MA, MsC, CPC, CBC Dua Tangan.

Kepala Bidang pemasaran dan ekonomi kreatif Farida Nur Aini mengatakan, tujuan diadakannya pelatihan ini untuk meningkatkan angka kunjungan wisata di Kabupaten Ponorogo dengan cara meningkatkan kualitas SDM agar kompetitif dan profesional dalam memberikan pelayanan di bidang pariwisata.“ Dengan adanya pelatihan Pemandu Wisata, dan Duta Wisata diharapkan kualitas dan profesionalisme pemandu bisa meningkat,” ujarnya.

Ia menambahkan, semua tujuan tersebut akan tercapai apabila semua pihak saling bersinergi dan bersama-sama mewujudkan tujuan tersebut. Pelatihan di gelar selama dua hari mulai sabtu dan minggu(14-15/11).” Peserta akan mendapat pelatihan mulai dari materi dan praktek langsung lapangan, teknik kepemanduan serta pemanduan di objek wisata,” papar Farida.

Sementara itu, dalam penyampaian materinya Aris Widanto memberikan materi bagaimana cara membangun kekuatan pariwisata untuk kemajuan daerah. Ia juga menegaskan, destinasi wisata di Kabupaten Ponorogo masih bisa bersaing dengan daerah lain.“Meskipun destinasi wisata di Ponorogo bisa terbilang kalah lebih dulu dikenal dari daerah lain, namun kita bisa tetap bersaing dan meningkatkan wisata di kota Reyog ini lewat Young Generatin (generasi muda),” jelasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Bobby Wibowo CEO Maesagroup yang begitu konsen dalam membantu Pariwisata Ponorogo. Ia yang didaulat menjadi pembicara dengan tema leadership untuk para finalis dan juara kakang senduk tahun 2018-2019, katanya sebagai duta wisata lokal yang harapannya bisa membantu menjual obyek obyek wisata di Ponorogo dalam masa sulit ini.

Melalui Dua Tangan Indonesia, salah satu anak perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan dan training, Bobby Wibowo menyampaikan dalam sesi Leadership,” kita harus optimis betapa pentingnya mempunyai jiwa memimpin dikalangan masa muda hari hari ini. terpenting lagi bagaimana kita bisa lebih mengenalkan obyek obyek wisata yang kita punya.” tukas Bobby Wibowo.

Seluruh rangkaian kegiatan pelatihan menerapkan protokol kesehatan, guna mencegah penularan Covid-19. (Dik)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!