Sungai Di Banjarejo tercemar Limbah

  • MATARAMAN~MAGETAN
    Sebuah Polemik dalam mengatasi limbah industri penyamak kulit bagi warga Kecamatan Ngariboyo, masih terus bermasalah. Pasalnya, setiap proses produksi berlangsung, pembuangan limbah cair berbahaya yang seharusnya di buang ke tempat penampungan limbah, justru dibuang ke sungai. Hal Ini, selain terjadi di sungai Desa Mojopurno, juga terjadi di Desa Banjarejo, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan, Sabtu (02/03/2019).

Hal ini juga akan berdampak bagi keseimbangan ekosistem sungai, dan juga mengganggu lingkungan hidup yang ada disekitarnya, termasuk warga masyarakat sekitar yang tercemar dengan dampak air dan bau menyengat yang sangat anyer.

“Memang benar, limbah tersebut dibuang ke sungai. Tapi sudah saya tegur dan kami berikan pembinaan, agar tidak mengulangi lagi”, kata Jumiran, Kepala Desa Banjarejo (02/03/2019).

Jumiran mengaku, bahwa pihak juga kebingungan terkait warganya sebagai penyamak kulit yang seharusnya membuang ke tempat pembuangan limbah. “Sebenarnya, mereka sudah punya penampungan limbah mas, namun hari ini dibuang ke kali disaat debit air tidak banjir”, terangnya.

Disisi lain, Jumiran menjelaskan, bahwa pihak Desa sudah menyampaikan kepada Bupati Magetan, agar ada tindak lanjut dari Pemkab Magetan. “Usulan ini sudah saya sampaikan ke Pak Bupati mas, tapi sampai saat ini belum ada kelanjutan. Seumpama mau ngajukan ijin ke Pemkab, alasannya Daerah tidak mengeluarkan ijin”, jelas Kades kepad media mataraman.
Disisi lain, Jumiran menjelaskan, bahwa pihak Desa sudah menyampaikan kepada Bupati Magetan, agar ada tindak lanjut dari Pemkab Magetan. “Usulan ini sudah saya sampaikan ke Pak Bupati mas, tapi sampai saat ini belum ada kelanjutan. Seumpama mau ngajukan ijin ke Pemkab, alasannya Daerah tidak mengeluarkan ijin”, jelas Kades kepada media mataraman (02/03/2019).

Sampai berita ini diturunkan, pihak terkait Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Magetan, belum dapat dikonfirmasi untuk dimintai keterangan terkait kejadian tersebut. (AL)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!