KABAR DESA, PONOROGO

LOLOS SELEKSI LOMBA DESA TINGKAT KABUPATEN KADES PULUNG : MOTIVASI TERBAIK UNTUK LEBIH MEMAJUKAN DESA

PULUNG(mediamataraman.co.id)-Pemerintah Desa Pulung Mengadakan Penilaian Lapang Perlombaan Desa dan Kelurahan,Kabupaten Ponrogo 2021jumat(9/4) yang di selenggarakan di aula Balai Desa Pulung,Kecamatan Pulung

Serangkaian acara dalam kegiatan tersebut di awali dengan Doa bersama,  menyanyikan lagu Indonesia Raya.Dan Sambutan-sambutan

Kepala Desa Pulung H. Muhammad Maksum

Kepala Desa Pulung H. Muhammad Maksum mengatakan Penegasan itu disampaikan sang Kepala Desa, usai menerima kedatangan rombongan tim penilai lomba desa dari kabupaten.

Seleksi sendiri telah dilaksanakan beberapa hari sebelumnya, tepatnya (9/04/ 2021) Dan hasilnya Desa Pulung dinyatakan lolos seleksi.

“Alhamdulilah hari ini kita ketiban sampur kedatangan tim penilai lomba desa dari kabupaten yang akan melakukan penilaian lapangan. Harapan kami, usai penilaian ini, kita akan tahu mana kekurangan atau kelemahan kita. Baik itu soal administrasi penyelenggaraan pemerintahan, kegiatan, atau lainnya. Semoga penilaian berjalan lancar,”Ujarnya

Acara penilaian dipusatkan di aula balai desa setempat. Selain dihadiri oleh tim penilai kabupaten, semua unsur jajaran pemerintahan juga ikut  hadir,Termasuk tim penggerak PKk, Karang Taruna, dan lainnya. Kedatangan tim Sebelum masuk aula Tim penilai dari kabupaten ponorogo meninjau produk UMKM Desa Pulung,yang di disambut dengan sajian pagelaran seni karawitan “Puji Rahayu” Dusun Sekandang Pulung, dilanjutkan penilaian lapangan.

Sementara itu,Sambutan tim penilai kabupaten ponorogo lukman menyampaikan bahwa dari tim peneliti mengadakan proses pengecekan setiap program kerja yang ada

”Dengan ini kami mengadakan sebuah proses yang sebelumnya diadakan untuk menyampaikan tahapan administrasi presentasi yang perlu diuji kebenarannya.”Ujarnya

Dan ini jelas mengandung konsekuensi ketika ada ada ketidak sesuaian dengan apa yang disampaikan sebelumnya hal ini akan mengurangi penilaian.

Lukman menambahkan Lomba desa bukan hanya sekedar formalitas namun sebagai kegiatan rutin setiap tahunnya, yang berguna untuk evaluasi desa dan menilai desa-desa terbaik setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Ponorogo.

”Hal ini sudah dilakukan sejak tahun 2015 yang perlu diketahui dana desa dari APBN menggelontorkan 70 triliun untuk desa-desa di seluruh Indonesia setiap tahunnya.”Ucapnya

Maka dari itu anggaran ini harus digunakan dengan baik, jika anggaran tidak memberi dampak yang lebih baik maka bukanlah hal yang baik dengan ini perlu dikaji ulang setiap tahunnya baik terhadap aturan penggunaan uang pengeluaran uang yang yang telah terpakai.

Untuk memusyawarahkan program kerja sebuah desa harus dihadiri elemen-elemen desa seperti RT RW kepala desa dan lainnya.
Tujuan Kegiatan ini Untuk memberikan kebaikan desa dan memaksimalkan progres desa maka perlu dilakukan evaluasi perkembangan desa dan juga kelurahan.

Desa memiliki indikator desa pembangun yang diregulasikan untuk pembangunan masyarakat desa heterogen agar pelayanan meningkat, kebutuhan juga meningkat dan memanfaatkan teknologi informasi yang telah ada.

Pada siang hari ini di season pertama yang dilakukan di desa pulung setelah itu akan geser ke Pudak, dan juga Siman.
Penilaian dilakukan oleh tim penilaian yang terdiri dari satpol PP, polres, dinas pendidikan, dinas kesehatan, dan dinas PUPR.
Pada kesempatan hari ini kami dari tim akan membedah perkembangan yang telah tercapai dari masing-masing desa dan membedah pembangunan masing-masing indikator.

”Harapannya pada acara ini bisa dilaksanakan dengan baik, dan bisa mengetahui kelemahan atau potensi yang harus di sport agar bisa meningkatkan perkembangan desa dan bermanfaat bagi masyarakat di desa khususnya di desa pulung ini.”Pungkasnya (nda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!