PACITAN, SOSIAL

Vaksin segera datang, Sosialisasi kurang, Masyarakat enggan di vaksin

PACITAN(mediamataraman.co.id).-Pemerintah Desa Karangrejo, Arjosari, Pacitan, melakukan pendaftaran vaksinasi Kepada masyarakat. Jum’at (09/04)Pagi.

Setelah tahap pertama vaksinasi pada 30 Maret 2021 dilakukan di pemerintahan Kabupaten, hari ini akhirnya pendataan kepada masyarakat umum kota Pacitan dilakukan.

Salah satunya yang berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan.

Pendaftaran dilakukan secara serentak oleh masing-masing Rukun Tetangga (RT) di desa Karangrejo pada hari Kamis, 08 April 2021, dan akan di data keseluruhan pada esok harinya.

Namun sangat disayangkan, kabar kedatangan vaksin ini tidak mendapatkan respon baik dari masyarakat setempat, tercatat tidak sampai 30% dari jumlah penduduk yang mendaftar.

Hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh pamong desa, baik para pejabat atau pun dari pihak kesehatan.

Masyarakat mengaku enggan untuk mendaftarkan diri karena ketidak jelasan, dan ketidak siapan dari pemerintah desa dengan adanya Vaksin ini.

“Tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu dari pemerintah desa, tiba-tiba dapat kertas pendataan vaksinasi, dengan pengumuman yang mau di vaksin silahkan daftar, yang tidak mau juga tidak apa-apa”, ucap Sugito, Rukun Tetangga (RT) 06 dusun Trobakal saat diwawancarai Jum’at (09/04/21).

Selain itu, masyarakat takut dengan efek-efek yang nantinya akan terjadi, dan adanya isu-isu yang ada pada masyarakat luas, beredar bahwa vaksin tersebut berefek kematian.

“Kami sebagai masyarakat awam yang tidak paham dengan vaksinasi ini, yang hanya menonton banyak pemberitaan simpang siur takut dengan efek samping yang ada”, imbuh Sugito menutup pembicaraannya.

Dengan adanya pandataan ini, harapan diucapkan oleh Nur Afifah, salah satu mahasiswi keperawatan, agar vaksin segerah siap dan pandemi cepat berlalu,

“semoga vaksin segerah datang, dan pandemi Covid-19 segerah berakhir, yang paling penting pemerintah desa ataupun pihak kesehatan memperhatikan masyarakat awam yang acuh terhadap Vaksinasi, mengingat pentingnya di masa pandemi ini. Pemerintah telah mengalokasikan dana vaksinasi secara tepat, sayang jiga tidak digunakan secara baik dan tepat”, tutup Nur Afifah, (Mf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!