Di Desa Serangan, Wabup Canangkan Layanan Publik Berbasis Elektronik.

Sukorejo- (MEDIAMATARAMAN.CO.ID)– Secara resmi wakil Bupati Ponorogo Dr. Sudjarno melaunching penerapan Tanda Tangan Elektronik (TTE). Penerapan TTE ini merupakan yang pertama di Ponorogo. Pada kesempatan ini, Wabup sekaligus meninjau pelaksanaan New Normal Reyog di desa Serangan Sukorejo, dimana tatanan baru dipraktekkan seperti menjaga jarak dan penggunaan face shield pada penari jathilnya, Sabtu (11/7) lalu.

Menurut Sudjarno, dirinya mengapresiasi penggunaan TTE oleh Kecamatan Sukorejo. Langkah yang dilakukan oleh kecamatan Sukorejo diharapkan dapat memicu OPD lain untuk segera menerapkan TTE. Layanan ini memudahkan masyarakat dalam mengurus surat menyurat.” Masyarakat dapat mengurus melalui Pemdes masing – masing, kemudian dimasukkan di aplikasi dan diproses oleh kecamatan.” Paparnya.

Sedangkan syarat bagi Organisasi Perangkat Daerah,Dinas maupun Kantor untuk melaksanakan layanan ini adalah harus sudah memiliki aplikasi yang sudah berjalan. Pemkab terus melakukan sosialisasi sehingga nantinya seluruh dinas bisa melaksanakan layanan publik berbasis elektronik,” Layanan publik berbasis elektronik seperti penggunaan TTE ini adalah sebuah kebutuhan bagi pemerintah dan masyarakat terkait kecepatan dan keakuratan dalam melayani masyarakat.” Tegasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Camat Sukorejo Etik Mudarifah, penerapan layanan publik berbasis elektronik di kecamatan Sukorejo adalah kebutuhan masyarakat di masa kini. Ia berharap, dengan layanan ini pemenuhan dokumen atau surat-surat keterangan bagi masyarakat bisa makin lancar dan bisa memenuhi penerapan pemerintahan di era new normal.” Keamanan TTE dapat dijamin. Untuk menerapkan pelayanan berbasis elektronik, pihaknya telah mendapatkan sertifikat resmi dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Pengajuan ke BSSN dilakukan melalui Diskominfo Ponorogo.” Tuturnya.

Sementara itu, kepala desa Serangan Bambang Irawan mengaku bangga dan bersyukur dengan di terapkan nya tanda tangan Elektronik di  kecamatan Sukorejo, layanan di masa pandemi seperti sekarang.

selain mengurangi tatap muka, masyarakat tidak perlu menunggu, karena pihak Pemdes tinggal menyerahkan surat yang telah dicetak surat dan telah di tandatangani oleh kecamatan,” Dengan mempunyai itu, kita bisa secara resmi menerapkan pelayanan berbasis elektronik untuk kemudian diberikan pada masyarakat.” Kata Kades berperawakan tegap ini.(adv/Dik).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!