KIRAB BUCENG PORAK SEBAGAI TANDA TUTUPNYA GREBEG SURO 2019 DI BATARANGIN PONOROGO

PONOROGO (MM)Digelarnya acara Kirap Buceng Porak dengan Start Pendopo Kecamatan Kauman dan Finish di Monumen Bantarangin merupakan salah satu rangkaian Acara Grebeg Tutup Suro tahun 2019 M/1441 H Bantarangin Somoroto yang sudah menjadi Tradisi dari tahun ketahun untuk melestarikan adat budaya warisan leluhur Bantarangin Somoroto, Minggu (29/9/2019).

Terlihat Kapolsek somoroto ,Kompol Nyoto, S.H.,M.H. bersama Forpimka Kecamatan Kauman ikut dalam acara Kirap tersebut .Tidak hanya hadir saja tetapi juga ikut serta berjalan bersama peserta kirap yang diikuti oleh Pamong, perangkat dan kepala desa se-kecamatan Kauman .

Dalam rangkaian kegiatan tersebut  juga dimeriahkan oleh tampilan berbagai macam seni mengiringi rombongan 5 Buceng Porak yang dipersembahkan oleh masyarakat Kauman,adapun jenis seni budaya yang ditampilkan dari perwakilan Desa/instansi yaitu seperti seni reog, jaran Tik, seni tari-tarian dan lain-lain.

 

Lima buceng Porak yang diporak bersama-sama setelah dikirap di Monumen Bantarangin terdiri dari sayur-sayuran dan buah-buahan atau hasil bumi dengan maksud sebagai wujud rasa syukur masyarakat Kauman Kepada Tuhan YME, karena telah dilimpahi kesehatan, rejeki, keselamatan dan kesejahteraan.

Kapolsek Somoroto berharap dengan adanya tradisi seperti ini, bisa menjadikan momentum bagi masyarakat untuk semakin menjalin persatuan dan kesatuan, bergotong-royong dan cinta NKRI.(DIK)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!